Agustus 14, 2022

5 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik dan Gratis

Ringkasan:
Bagikan:
Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram

Di era modern ini kita tahu bahwa dunia entrepeneur semakin diminati oleh masyarakat, khususnya Indonesia. Pemerintah tampaknya sangat mendukung dan berharap bisnis di Indonesia dapat membawa ekonomi menjadi lebih baik.

Anak-anak muda dengan ide-ide kreatifnya mulai membuka usaha. Ada yang dimulai dari online shop ada juga yang mulai membuka bisnis jasa. Namun seperti yang kita tahu, bahwa memulai bisnis kecil pun memerlukan sebuah perencanaan matang agar bisa berjalan.

Salah satu yang bisa membantu perencanaan dalam bisnis adalah menggunakan software ERP. Apa itu ERP? Bagaimana ERP dapat membantu bisnis?

Apa itu ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan aplikasi/software yang berfungsi untuk membantu mengelola dan mengintegrasikan aktivitas operasional bisnis. Software ini dirancang untuk mengintegrasikan berbagai sistem bisnis secara efektif. ERP juga merampingkan proses sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Sayangnya, ERP memakan biaya yang tinggi serta proses implementasi yang lama. Lamanya bergantung dari banyaknya proses dalam sebuah bisnis. Nah, biaya yang semakin membengkak tentu kurang baik bila skala bisnis masih kecil. Sebab itu kamu membutuhkan aplikasi ERP terbaik dan gratis.

5 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik dan Gratis

Aplikasi ERP gratis adalah aplikasi yang bersifat open source. Jenis ini menjadi solusi bagi UKM yang ingin meningkatkan dan menyesuaikan sistem ERP dengan menghemat biaya lisensi.

Tetapi tidak ada yang benar-benar gratis di dunia ini. Bila kamu ingin mendapatkan fitur tambahan, tentu harus membayar. Beberapa fitur basic dari 5 aplikasi di bawah ini sudah bisa menunjang bisnismu.

1. Odoo

Odoo adalah salah satu apliasi ERP yang menawarkan open source dan uji coba gratis dalam beberapa fitur. Software ini menawarkan serangkaian aplikasi yang terintegrasi dan dilengkapi dengan beberapa modul untuk bisnismu.

Antarmuka dari Odoo sederhana sehingga ramah untuk pemula. Odoo juga mengklaim telah digunakan oleh 7juta user untuk mengembangkan bisnisnya. Fitur yang bisa kamu nikmati adalah modul manufaktur, keuangan, manajemen proyek, penagihan, manajemen investasi dan lainnya.

2. Apache OFBiz

Apache OFBiz dikembangkan oleh arsitektur umum, sehingga memudahkan penggunaan untuk menyesuaikan kebutuhan dari bisnis. Software ini dikhususkan untuk UKM menengah, namun masih bisa digunakan untuk bisnis kecil. 

Apache OFBiz menawarkan beragam modul, fitur dan benefit dalam versi open source. Isi modul diantaranya adalah akuntansi, CRM, inventori dan manufacturing. Sedangkan fitur yang disupport adaah manajemen produk katalog, manajemen harga, pembayaran, penagihan dan kontrak.

Kamu dapat melakukan kustomisasi pada Apache OFBiz, sehingga lebih sesuai dengan bisnis dan infrastuktur yang ada. Sederhananya, aplikasi ini menawarkan fleksibilitas.

3. Metafresh

Salah satu aplikasi ERP terbaik dan gratis yang menawarkan uji coba lagi adalah Metafresh. Aplikasi ini dilengkapi dengan paket interaktif dan intuitif. Metafresh bisa digunakan untuk beragam OS, seperti Windows, Linux, iOs, bahkan Android.

Metafresh juga teritegrasi dengan sistem cloud, namanya Metafresh Cloud. Jenis dengan cloud setingkat lebih tinggi dibandingkan Metafresh tanpa cloud. Untuk open sourcenya, Metafresh mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti SQL, Java, XML dan Javascript.

4. Dolibarr

Menawarkan solusi manajemen end-to-end menjadi salah satu keunggulan dari Dolibarr. Aplikasi ERP ini memiliki sistem open source yang bisa kamu kembangkan serta uji coba gratis tanpa perlu install.

Sesuai dengan fitur yang ada, Dolibarr cocok untuk usaha kecil dan menengah. Fitur tersebut diantaranya faktur, pembayaran, manajemen dokumen, kontrak, sistem POS, pesanan dan inventaris. Dolibarr juga menyediakan modul builder untuk developer.

5. Mekari Jurnal

Aplikasi ERP terbaik dan gratis dari Indonesia adalah Mekari Jurnal. Mekari Jurnal menawarkan trial selama 14 hari dan kamu bisa membayar fitur yang kamu butuhkan saja. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan online cloud, jaminan keamanan data yang tersertifikasi.

Mekari Jurnal cocok untuk digunakan dalam skala bisnis kecil ataupun menengah. Aplikasi juga terintegrasi dengan bank di Indonesia. Fitur dalam Mekari Jurnal diantaranya akuntansi, pembukuan, penjualan, pengelolaan pajak dan manajemen persediaan.

Nah itulah 5 jenis aplikasi  ERP terbaik dan gratis yang bisa kamu coba. Namun jika kamu belum menemukan aplikasi ERP yang tepat untuk bisnismu, kamu bisa membuatnya di Bee Mata. Konsultasikan kebutuhanmu di Bee Mata dan kami siap mewujudkannya!